10 Manfaat Buah Kelengkeng Untuk Kesehatan

wordpress
Pertama kali banyak ditemukan di Tiongkok, India, Sri Langka dan berbagai negara Asia lainnya, buah kelengkeng berkeluarga dekat dengan buah leci. Buah kelengkeng pun dikenal dalam pengobatan tradisional Tiongkok sebagai obat demam, membantu proses relaksasi tubuh, memperlancar pencernaan, menenangkan syaraf yang tegang, membersihkan berbagai parasit yang ada dalam tubuh hingga penawar racun dari beberapa species ular. Kebanyakan orang sering menyamakan nutrisi yang dikandung buah leci dan buah kelengkeng. Faktanya, baik buah leci ataupun buah kelengkeng sangat rendah kalori dan karbohidrat. Ditambah lagi, buah leci ataupun buah kelengkeng sama sekali tidak mengandung lemak. Setiap ons buah kelengkeng mengandung 17 kalori dan 4 gram karbohidrat sementara buah leci mengandung 18 kalori dan 5 gram karbohidrat. Berbeda kasus bila buah leci dan kelengkeng ini dikeringkan, kandungan kalori dan karbohidrat yang dikandung pun bertambah. Ketika melalui proses pengeringan dan pengawetan, setiap ons buah kelengkeng mengandung 80 kalori dan 21 gram karbohidrat. Sementara jika melalui proses pengeringan, setiap ons buah leci mengandung 78 kalori dan 20 gram karbohidrat.

Tak Hanya Enak, Ini Dia Manfaat Buah Kelengkeng untuk Kesehatan

Untuk kebutuhan nutrisi sehari – hari, manfaat buah kelengkeng sangat terasa karena dapat menjadi asupan utama dari kebutuhan vitamin C. Setiap ons-nya, buah kelengkeng segar mengandung lebih dari 40% kebutuhan asupan vitamin C harian. Nantinya, vitamin C ini sangat berguna untuk kesehatan tulang, mendukung kelancaran peredaran darah dan menutrisi kulit secara maksimal.

Selain vitamin C, buah kelengkeng juga mengandung vitamin B6, niacin dan asam folat. Kerennya lagi, buah kelengkeng juga mengandung magnesium, fosfor, protein, potasium, zat besi dan mangan. Niacin berguna untuk meningkatkan kadar HDL, kolesterol yang baik untuk fungsi badan kita. Vitamin B6 akan mendukung sistem saraf dan membantu melancarkan penyerapan karbohidrat oleh sistem metabolisme tubuh.

Manfaat buah kelengkeng juga baik untuk wanita hamil karena mengandung asam folat yang tinggi. Asam folat berguna untuk mencegah berbagai kemungkinan infeksi pada leher rahim. Selain yang sudah disebutkan sebelumnya, masih ada manfaat buah kelengkeng lain yang perlu banget kamu ketahui :

1. Membantu menurunkan berat badan

Tak terduga, buah kelengkeng dapat membantu kamu melunturkan lemak yang ada dalam tubuh. Menurut penelitian pada tahun 2009, buah kelengkeng kaya akan kandungan ekstrak polyphenol yang sangat penting untuk mengurangi berat badan tubuh, menyehatkan saluran pencernaan dan menyasar lemak – lemak di dalam tubuh, terutama perut. Buah kelengkeng secara langsung dapat mencegah penyakit diabetes tipe 2 dan menurunkan peluang kamu terserang penyakit jantung.

Rendahnya kandungan kalori, lemak dan karbohidrat yang ada dalam buah kelengkeng menjadikan buah super ini sebagai pengganti asupan gula yang sehat. Meskipun rendah akan kandungan kalori dan glukosa, jangan sampai terbuai dan tetap mengonsumsi buah kelengkeng dalam jumlah wajar.

2. Sumber utama serat

Baik buah kelengkeng segar dan yang sudah dikeringkan sama – sama mengandung serat. Selain menutrisi, serat juga berguna untuk melancarkan sistem pencernaan. Rendah akan kolesterol, buah kelengkeng juga dapat mengontrol penyebaran gula dalam tubuh seorang penderita diabetes.

3. Kaya akan oksidan

Manfaat buah kelengkeng juga begitu terasa karena buah ini mengandung banyak antioksidan. Kandungan antioksidan dapat membantu melawan partikel bebas yang merusak sel – sel tubuh dan sangat membahayakan bagi tubuh.

Salah satu materi penting dari antioksidan bernama polifenol berfungsi untuk melindungi serta memperkuat fungsi hati dan pankreas. Ditambah lagi, salah satu penelitian menyebutkan antioksidan dari buah kelengkeng menjadi salah satu sumber anti oksidan terbaik dari buah – buahan yang ada.

4. Melindungi otak

Salah satu manfaat buah kelengkeng yang sayang untuk kamu lewatkan adalah kemampuannya untuk melindungi otak dari bahaya penyakit Parkinson. Buah kelengkeng dapat mencegah potensi bahaya kerusakan pada sel – sel dopamine, meningkatkan kandungan anti oksidan dan mengurangi kemungkinan peradangan sel – sel otak.

5. Meningkatkan sistem imun tubuh

Buah kelengkeng bermanfaat meningkatkan aktivitas dari sel darah putih. Hal ini bisa terjadi berkat kandungan Polysaccharides dalam buah kelengkeng yang dipercaya sebagai salah satu nutrisi terkuat untuk meningkatkan sistem imun tubuh.

Salah satu penelitian juga menyebutkan, selain kandungan Polysaccharides, terdapat kandungan Splenocytes yang berfungsi mengusir objek asing dalam tubuh dan mengaktifkan pembunuh alami bagi sel – sel berbahaya.

6. Mengurangi peradangan

Kandungan anti oksidan pada buah kelengkeng juga bermanfaat untuk mengurangi peradangan dalam tubuh. Dalam sel – sel imun, buah kelengkeng memberikan asupan Nitric Oxide dan TNF Alpha yang mencegah potensi peradangan dan meredakan sensasi rasa sakit yang timbul akibat peradangan.

7. Membantu memerangi kanker

Berbagai kandungan vitamin hingga mineral dalam buah kelengkeng dapat mencegah dan memerangi sel – sel kanker. Dari beberapa penelitian ditemukan fakta bahwa ekstrak dari biji kelengkeng dapat memerangi sel kanker yang ditemukan pada usus, hati, payudara, saluran kencing dan juga paru – paru.

Manfaat terbesar dirasakan untuk pengidap kanker payudara, manfaat buah kelengkeng begitu luar biasa karena dapat membunuh lebih dari 60% sel – sel kanker sekaligus menghentikan pertumbuhannya.

8. Membantumu melawan insomnia

Kamu sering susah tidur? Biji kelengkeng kering sudah lama digunakan sebagai pengobatan tradisional Tiongkok sebagai obat tidur. Kandungan yang ada dalam biji kelengkeng dapat memperlancar peredaran darah, menenangkan pikiran dan merevitalisasi jantung.

9. Memerangi penyakit diabetes

Bunga dari buah kelengkeng dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap insulin. Jadi bisa dibilang buah kelengkeng sangat cocok dimasukkan ke dalam menu dietmu sehari – hari. Buah kelengkeng juga dapat meningkatkan kandungan anti oksidan dan mencegah tekanan darah tinggi. Kedua hal inilah yang sangat berguna untuk menjaga kelancaran sistem metabolisme tubuh.

10. Mengurangi tekanan darah

Kamu memiliki penyakit tekanan darah tinggi? Nah, mengonsumsi buah kelengkeng secara rutin bisa dijadikan sebagai rutinitas sehari – hari kamu nih. Penyebabnya sederhana saja, buah kelengkeng dapat merelaksasi peredaran darah dan menurunkan tekanan darah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.