Simak, Manfaat Rajin Makan 2 Butir Telur Sehari

wordpress

disangka, rajin mengonsumsi telur bisa memberikan banyak manfaat kesehatan. Pasalnya, telur memiliki banyak kandungan nutrisi, salah satunya yang paling banyak adalah protein.

Lalu dengan rutin mengonsumsi dua butir telur sehari akan lebih menyehatkan tubuh. Apa saja manfaatnya? Berikut penjelasannya, sebagaimana dilaporkan laman Times of India.

– Memperkuat kekebalan tubuh

Dua butir telur mengandung 59 persen asupan makanan, termasuk 32 persen asupan vitamin A dan 14 persen zat besi. Nutrisi-nutrisi tersebut terkenal dapat meningkatkan sistem kekebalan. Telur juga sebagai salah satu obat penangkal flu.

– Menyehatkan kulit, rambut, dan kuku

Telur kaya akan vitamin B vitamin B12, B5, biotin, riboflavin, tiamin dan selenium. Vitamin ini bagus untuk menjaga kesehatan rambut, kulit, dan kuku. Bisa menyehatkan sel-sel tubuh, meningkatkan elastisitas kulit, dan melawan kerusakan akibat radikal bebas.

– Meningkatkan penglihatan mata

Antioksidan lutein dan zeaxanthin dalam telur juga ditemukan di daerah makula mata. Penelitian menemukan lutein, zeaxanthin dan omega 3 yang ada pada telur dapat menjaga kesehatan mata. Kedua antioksidan ini menjaga kesehatan mata dalam jangka panjang dan melindunginya dari degenerasi retina.

– Meningkatkan ingatan

Kandungan kolin dalam telur membantu metabolisme lemak, menjaga kesehatan membrane sel, serta meningkatkan fungsi otak dan memori.

– Baik untuk ibu hamil

Menurut penelitian yang dilakukan para ilmuwan di Cornell University, asupan kolin yang tepat selama kehamilan dapat meningkatkan fungsi otak dan kecepatan reaksi pada janin.

– Membentuk otot

Telur berisi 6 gram protein yang baik dimakan setelah latihan. Makan telur secara utuh dapat membentuk otot dan memperkuat tulang daripada hanya makan putih telur saja.

Pembentukan sel darah merah

Telur mengandung banyak folat dan faktanya dua butir telur dapat memenuhi hampir setengah RDI (asupan harian yang dibutuhkan) folat. Folat adalah jenis vitamin B yang membantu pembentukan sel darah merah. Nutrisi ini sangat penting selama kehamilan untuk perkembangan dan pertumbuhan janin.

– Asupan vitamin D

Vitamin D dalam telur dapat membantu penyerapan kalsium dalam tubuh yang menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.