5 Manfaat buah kiwi untuk kesehatan tubuh, bisa tingkatkan imun

wordpress

Kiwi sebetulnya adalah buah beri yang berukuran besar. Buah satu ini berasal dari salah satu spesies pohon merambat genus Actinidia. Kiwi berasal dari negara Cina tetapi banyak dibudidayakan di Selandia Baru.

Buah Kiwi memiliki bentuk yang lonjong dan rata-rata memiliki ukuran serupa telur ayam. Kulitnya berwarna cokelat kehijauan, berserat, serta dilapisi oleh bulu halus.

Buah kiwi memiliki rasa asam dan kuat, sehingga cocok dijadikan topping salad ataupun yogurt saat sarapan dan ngemil. Kiwi mengandung berbagai macam vitamin dan antioksidan yang berkhasiat bagi tubuh.

Manfaat buah kiwi bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsinya secara langsung, dibuat smoothies, dijadikan topping yogurt maupun es krim. Selain sumber serat dan vitamin C yang baik, kiwi pun mengandung antioksidan tinggi.

Kandungan nutrisi yang tinggi membuat buah kiwi memiliki beragam manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut adalah berbagai manfaat yang bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi buah kiwi:

1. Meningkatkan sistem imun

Buah kiwi mengandung vitamin C yang sangat tinggi. Jumlah kandungan vitamin C dalam 1 gelas buah kiwi bahkan sudah mampu mencukupi kebutuhan vitamin C harian.

Vitamin C adalah zat gizi yang berperan penting untuk memperkuat sisitem kekebalan tubuh, terutama dalam melawan penyakit infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus.

Dalam studi yang dipublikasikan Canadian Science Publishing, konsumsi buah kiwi dapat mengurangi durasi penyakit seperti flu pada anak-anak dan orang dewasa.

2. Memelihara kesehatan mata 

Penurunan fungsi mata yang dimaksud adalah degenerasi makula, yaitu gangguan penglihatan yang umum terjadi pada usia tua. Degenerasi makula adalah penyebab utama kebutaan.

Konsumsi kiwi dipercaya mampu melindungi fungsi mata dan menurunkan risiko degenerasi makula karena kandungan zeaxanthin dan lutein di dalamnya.

3. Melancarkan pencernaan

Buah kiwi merupakan sumber prebiotik sehingga bisa menambah jumlah bakteri baik untuk membantu proses pencernaan makanan. Manfaat buah kiwi ini bersumber dari kandungan enzim actinidin, serat dan komponen fenolik.

Atas dasar itulah mengonsumsi buah kiwi bisa mencegah berbagai gangguan pencernaan seperti konstipasi, diare, dan mual. Bahkan, enzim actinidin yang terdapat dalam kiwi sangat baik untuk mempercepat perncernaan protein.

4. Mengendalikan tekanan darah

Penelitian Mette S. pada tahun 2014 menunjukkan bahwa zat bioaktif yang terkandung dalam 3 buah kiwi bisa membantu menurunkan tekanan darah. Artinya, jika seseorang rutin mengonsumsi buah kiwi, risiko ia terkena penyakit stroke atau serangan jantung akan berkurang.

Kiwi juga mengandung kalium yang sudah dikenal dengan kemampuannya dalam menjaga fungsi dan kesehatan jantung. Mineral kalium membantu melemaskan pembuluh darah sehingga peredaran darah lebih lancar dan tekanan darah jadi stabil.

5. Meningkatkan kualitas tidur

Mengonsumsi buah kiwi berpotensi mengatasi gangguan tidur pada orang dewasa. Khasiat ini diduga berasal dari antioksidan dan serotonin yang terkandung pada buah kiwi. Penelitian dari Taipei Medical University melakukan studi pada orang dewasa berumur 20-55 tahun yang bermasalah dengan pola tidur tidak teratur.

Berikut 5 manfaat buah kiwi dan kandungan nutrisi yang menyehatkan tubuh. Moms bisa tambahkan kiwi untuk menu sehat setiap harinya agar bisa merasakan manfaatnya untuk tubuh. Semoga bermanfaat ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.