5 Manfaat Royal Jelly, Jaga Imunitas hingga Cegah Penuaan Dini

wordpress
Selain madu, lebah menghasilkan produk lainnya yang tak kalah bermanfaat, yakni royal jelly alias susu lebah ratu. Royal jelly dihasilkan oleh kelenjar pharyngeal lebah pekerja khusus untuk memberi makan lebah ratu dan larvanya.

Dinamakan susu lebah ratu karena warnanya yang cenderung putih seperti susu. Bahan istimewa ini banyak digunakan dalam pengobatan herbal karena diklaim tinggi akan zat gizi penting yang baik untuk kesehatan tubuh. Melansir dari berbagai sumber, ini dia kebaikan royal jelly untuk kesehatan dan kecantikan.

Kaya Akan vitamin

Mengutip Healthline, komponen royal jelly terdiri dari air, karbohidrat, protein dan lemak. Selain itu, terdapat pula kandungan 9 glikoprotein yang secara kolektif dikenal sebagai protein royal jelly utama (MRJPs) dan dua asam lemak, yakni asam trans-10-Hydroxy-2-decenoic dan asam 10-Hydroxydecanoic.

Royal jelly juga kaya akan vitamin yang baik bagi tubuh. Beberapa di antaranya, yakni tiamin (B1), riboflavin (B2), asam pantotenat (B5), piridoksin (B6), niasin (B3), asam folat (B9), inositol (B8), dan biotin (B7).

Sebagai Antioksidan dan Antiinflamasi

Tahukah Anda royal jelly bisa berperan sebagai antioksidan? Hal ini karena royal jelly punya kandungan asam amino spesifik, asam lemak, dan senyawa fenolik seperti dikutip dari Healthline. Ketiganya diyakini memperkuat efek antioksidan pada royal jelly. Sehingga dengan mengonsumsi royal jelly dapat mengurangi peradangan dan stres oksidatif pada tubuh. Selain itu, sifat antioksidan dan antiinflamasi juga bermanfaat untuk menjaga sistem imunitas tubuh.

Meningkatkan Imunitas

Royal jelly efektif untuk meningkatkan respons kekebalan alami tubuh terhadap bakteri dan virus asing. Sebab kandungan MRJP dan asam lemak yang terdapat di dalamnya terbukti mampu meningkatkan aktivitas antibakteri serta mengurangi infeksi. Dengan begitu dapat mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh sehingga tidak mudah sakit.

Mempercepat Perbaikan Kulit

Tidak hanya untuk kesehatan tubuh, royal jelly juga baik untuk menjaga kesehatan kulit. Royal jelly banyak digunakan dalam penyembuhan luka. Sebuah penelitian menunjukkan kandungan protein dalam royal jelly dapat memicu pertumbuhan kolagen yang berperan pada perbaikan kondisi kulit.

Sementara hasil studi lainnya menunjukkan adanya peningkatan kapasitas perbaikan jaringan secara signifikan dalam sel manusia yang diobati dengan royal jelly.

Bikin Awet Muda

Royal jelly memiliki manfaat untuk memperlambat proses penuaan, sehingga banyak digunakan dalam produk perawatan kulit. Hal ini karena royal jelly mengandung asam amino yang diperlukan untuk menghasilkan kolagen yang dapat mencegah penuaan dini, serta melindungi dari paparan radiasi UV. Dengan begitu dapat mendukung pemeliharaan kulit agar lebih sehat dan tampak awet muda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.