Yuk, Simak Manfaat Air Kelapa Muda untuk Kesehatan

wordpress
Sebagai penduduk negara tropis, tentu kita tidak asing dengan air kelapa muda. Minuman yang identik dengan liburan di pantai ini sudah menjadi bagian dari keseharian orang Indonesia.

Ternyata, selain menyegarkan, air kelapa muda juga memiliki segudang manfaat, lho. Dilansir dari healthline.com, WebMD.com, dan medicalnewstoday.com sudah merangkum beberapa manfaat air kelapa muda untuk kesehatan.

Yuk, kita simak di bawah!

Sumber elektrolit alami

sering mengonsumsi minuman elektrolit setelah berolahraga? ternyata bisa menggantinya dengan air kelapa muda.

Air kelapa muda mengandung potasium, magnesium, sodium, dan kalsium. Keempat mineral tersebut sering disebut sebagai elektrolit, yang berfungsi untuk menopang kerja saraf dan otot tubuh. Elektrolit seringkali berkurang jumlahnya saat kita berolahraga.

Oleh karena itu, air kelapa muda termasuk sumber elektrolit alami yang bisa kita konsumsi untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang setelah berolahraga.

Membantu melawan radikal bebas

Radikal bebas adalah molekul bersifat tidak stabil yang dihasilkan dalam proses metabolisme tubuh. Jika tubuh kita terpapar terlalu banyak radikal bebas, sel-sel di dalam tubuh akan terganggu dan meningkatkan risiko penyakit.

Salah satu zat yang bisa melawan radikal bebas adalah antioksidan. Nah, air kelapa muda sendiri kaya akan antioksidan.

Namun, perlu diperhatikan bahwa perlu mengonsumsi air kelapa muda segar untuk bisa mendapatkan manfaat penuh dari antioksidan. Mengutip medicalnewstoday.com, air kelapa muda kemasan yang dijual di supermarket cenderung memiliki kandungan antioksidan yang lebih rendah.

Minuman rendah kalori

Jika sedang melakukan diet dan bosan minum air putih? Untuk selingan, bisa juga minum air kelapa muda untuk menghidrasi tubuh.

Segelas air kelapa muda mengandung sekitar 45 kalori. Selain itu, air kelapa muda juga rendah gula dan karbohidrat. Jadi, air kelapa muda adalah pilihan minuman yang lebih baik dan sehat jika dibandingkan dengan minuman bersoda atau jus yang memilki kalori lebih tinggi.

Akan tetapi, jangan menjadikan air kelapa muda sebagai pengganti air putih sepenuhnya ya. Utamakan untuk minum air putih yang memiliki nol kalori.

Nah itu tadi beberapa manfaat air kelapa muda untuk kesehatan. Perlu diingat ya, untuk mendapatkan manfaat terbaik dari air kelapa muda, pilihlah air kelapa muda yang segar. Tetap jaga kesehatan!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.