Makan Enak saat Idul Adha Tanpa Gangguan Kolesterol? Bisa, Ini 3 Tipsnya

wordpress
Santapan daging dan asupan makanan enak berlemak lainnya tentu tak mungkin terlewatkan di perayaan Idul Adha. Meski begitu, tak sedikit yang kemudian khawatir bisa terkena kolesterol. Menurut dr Vito A Damay, spesialis jantung di RS Siloam Lippo Village ada beberapa cara untuk menangkal kolesterol saat tak ingin melewatkan makanan enak seperti daging, santan, hingga bakar-bakaran. Berikut tipsnya.

1. Memakai piring kecil

Untuk membatasi porsi asupan makanan tidak berlebihan, cobalah untuk menggunakan piring kecil. Menurut dr Vito hal ini efektif lantaran piring sudah terisi penuh dan tidak memungkinkan lagi untuk mengambil porsi makanan lebih banyak.
“Porsi piringnya kecil saja. Kalau terpaksa di porsi besar, bisa diakali dengan makan berdua. Saya pun dan istri juga melakukan itu. Lagipula hari raya itu kan bentuk ungkapan syukur, jadi makan secukupnya saja,” sebut dr Vito beberapa waktu lalu.

2. Perbanyak sayuran

Boleh saja mengonsumsi daging di hari raya¬†Idul Adha, asal asupan sayuran juga tidak diabaikan. dr Vito menegaskan sayur sangat penting untuk menghalangi penyerapan kolesterol jahat terbuang. Misalnya, saat mengonsumsi sate kambing, cobalah untuk mencampur dengan sayuran lain seperti acar, timun, tomat atau sayuran lain. “Kalau makan daging, sertai juga dengan sayur di dalam piring. Setengah dari porsi piring kita harus ada sayuran supaya lebih cepat kenyang dan kolesterol jahat juga tidak mudah terserap di dalam pencernaan,” jelas dr Vito.

3. Tidak berlebihan

dr Vito menegaskan harus ada pengendalian diri membatasi porsi makan daging. Tidak perlu kalap saat dihadapkan dengan beragam pilihan olahan makanan daging. “Kalau makan, jangan kenyang sama makanan dengan kuah santan dan daging. Ambil secukupnya saja dengan rasa pengendalian diri,” jelasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.