10 Makanan yang Mengandung Vitamin D Tinggi

wordpress
Jakarta РSaat masa pandemi seperti saat ini, vitamin sangat dibutuhkan bagi tubuh guna meningkatkan imunitas. Salah satunya adalah vitamin D. Apa saja sumber makanan yang mengandung vitamin D? Dilansir dari laman resmi Fakultas Kesehatan Masyarakat Harvard, vitamin D adalah nutrisi yang larut dalam lemak dan dapat membantu tubuh menyerap serta mempertahankan kalsium dan fosfor. Sebuah penelitian laboratorium menunjukkan bahwa vitamin D dapat mengurangi pertumbuhan sel kanker, membantu mengendalikan infeksi dan mengurangi peradangan.

Dilansir dari laman resmi Harvard dan Healthline, berikut ini 10 sumber makanan yang mengandung vitamin D:

1. Minyak Hati Ikan Kod

Mengonsumsi minyak ikan kod bisa menjadi pilihan agar tubuh tetap mendapatkan nutrisi vitamin D. Setiap satu sendok teh minyak hati ikan kod mengandung 448 IU vitamin D. Selain vitamin D, minyak ini juga menjadi sumber vitamin A dan asam lemak omega-3, seperti asam eikosapentaenoat (EPA) dan asam dokosaheksaenoat (DHA). Karena bagus untuk kesehatan dan sudah populer, minyak hati bisa ditemukan dipasaran dengan mudah.

2. Salmon

Dalam satu porsi 3,5 ons (100 gram) salmon Atlantik yang dibudidayakan mengandung 526 IU vitamin D yang bagus untuk kebutuhan vitamin D harian pada tubuh.

3. Ikan Herring dan Sarden

Meski berukuran kecil namun kandungan vitamin D dalam ikan Herring dan Sarden cukup besar. Dalam Ikan herring Atlantik segar terdapat 216 IU vitamin D per porsi 3,5 ons (100 gram). Sementara dalam satu kaleng sarden (3,8 ons) mengandung sumber vitamin D yang baik yakni sekitar 177 IU.

4. Tuna kalengan

Selain mengandung Vitamin D, sumber makanan ini juga memiliki rasa yang enak dan cara penyimpanannya yang mudah. Dalam 1 Tuna kalengan terdapat hingga 268 IU vitamin D dalam porsi 3,5 ons (100 gram). Tak hanya vitamin D, Tuna kalengan juga mengandung vitamin K yang baik untuk tubuh.

5. Kuning Telur

Salah satu sumber makanan yang mengandung vitamin D paling mudah didapatkan adalah kuning telur. Jika putih telur merupakan sumber protein yang baik maka kuning telur merupakan sumber lemak, vitamin, dan mineral yang baik untuk tubuh. Bahkan dalam satu kuning telur bisa mengandung kurang lebih 37 IU vitamin D. Sumber makanan satu ini pun bisa menjadi bahan makanan yang dikombinasikan dengan makanan lain yang kaya akan nutrisi.

6. Hati Sapi

Dalam 3,5 ons hati sapi matang mengandung sekitar 50 IU vitamin D. Tak hanya itu, hati sapi juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin A, zat besi dan protein. Namun, untuk konsumsi perlu diperhatikan karena hati sapi juga kaya kolesterol jadi pastikan paham kondisi tubuh sebelum konsumsi ini.

7. Jus jeruk yang Diperkaya Vitamin D

Bagi orang-orang yang senang minum jus, tentu sumber makanan ini tidak asing. Dalam 8 ons jus jeruk yang diperkaya vitamin D biasanya sudah mengandung vitamin D sekitar 100 IU. Perlu dicatat bahwa tidak semua merk jus jeruk mengandung vitamin D jadi pastikan sebelum mengonsumsi periksa label kandungan nutrisi terlebih dahulu.

8. Susu dan Yogurt yang Diperkaya Vitamin D

Secara umum, 8 ons susu mengandung vitamin D sedikitnya 100 IU dan 6 ons yogurt mengandung vitamin D sebanyak 80 IU. Tapi jumlah vitamin D-nya bisa lebih tinggi atau lebih rendah, tergantung berapa banyak jumlah vitamin D yang ditambahkan dalam susunya. Beberapa jenis susu kedelai juga telah diperkaya vitamin D dengan jumlah yang hampir sama, namun usahakan untuk selalu mengecek label karena belum tentu semuanya mengandung vitamin tersebut.

9. Sereal yang Diperkaya Vitamin D

Sama halnya dengan jus Jeruk dan Susu, pastikan memilih sereal yang diperkaya vitamin D. Selain itu, pilih juga sereal yang mengandung rendah kalori. Kemudian sereal bisa mengkombinasikannya dengan susu dan jus jeruk yang juga diperkaya vitamin D. Satu porsi Multi Grain (29 gram) ditambah setengah cangkir susu saja sudah mengandung 90 IU vitamin D, dan jika ditambah dengan 8 ons jus jeruk, maka total asupan vitamin D-nya telah mendekati 200 IU.

10. Jamur

Perlu diketahui bahwa jamur memiliki sifat seperti manusia di mana tubuhnya punya kapasitas untuk memproduksi vitamin D ketika terpapar sinar ultraviolet. Namun perlu perhatikan baik-baik karena tidak semua jenis jamur memiliki kemampuan ini. Salah satu yang memilikinya adalah Portobello Mushrooms yang dibudidayakan di bawah sinar UV agar dapat memproduksi vitamin D. Produk dari Dole ini cocok dikonsumsi para vegetarian yang mencari makanan yang mengandung vitamin D, dan kandungan vitamin D-nya mencapai 400 IU per 3 ons.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.