6 Obat Flu dan Batuk Alami Tanpa Efek Samping yang Mudah Ditemukan di Rumah

wordpress
Jakarta – Di tengah pandemi COVID-19, menjaga tubuh tetap fit adalah kunci. Tak terkecuali dari ancaman flu, mengingat gejala hidung mampet dan batuk mirip dengan infeksi COVID-19. Langkah pertolongan pertama, penting untuk mengenal jenis-jenis obat flu dan batuk yang mudah diperoleh dan bisa distok di rumah. Masih ingat bagaimana di awal pandemi di Indonesia, seduhan empon-empon banyak direkomendasikan untuk mencegah COVID-19 yang dikenal mirip dengan pilek? Tak heran, bahan alami nan tradisional memang sudah lama diandalkan masyarakat dan para dokter untuk menyembuhkan gejala pilek. Lantas, apa saja sih obat flu dan batuk alami yang dipercaya mempan melawan gejala pilek? Berikut jawabannya:

1. Jahe

Bukan lagi rahasia, sensasi hangat ala jahe adalah rempah mujarab untuk meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Selain itu, peneliti pula membenarkan, irisan jahe mentah dalam air hangat bisa meredakan gejala batuk dan mual yang kerap muncul saat sakit berat.

2. Air garam

Kumur-kumur campuran air hangat dan garam dipercaya bisa meredakan batuk, hidung tersumbat, dan gejala panas dalam. Bahkan, metode ini dipercaya bisa membasmi virus pada area mulut, hidung, dan tenggorokan.

3. Sup ayam

Bukan cuma lezat, sup ayam sudah terbukti secara ilmiah bisa meredakan gejala flu berat. “Sup kaldu akan mempercepat pergerakan lendir di hidung karena cairan panas dapat melebarkan pembuluh darah dan melancarkan aliran darah sehingga lendir keluar. Itu akan mengurangi mampet,” terang dokter penyakit dalam di Rumah Sakit Lenox Hill dan Pusat Medis Mount Sinai di Kota New York, dr Keri Peterson, dikutip dari CBS News, Rabu (9/6/2021).

4. Bawang putih

Selain karena sensasi hangatnya, racikan bawang putih pada sup ayam juga dipercaya meredakan gejala flu dan batuk. Pasalnya, bawang putih mengandung senyawa allicin yang bersifat antimikroba sehingga bisa mengobati flu dan batuk.

5. Madu

Madu memiliki kandungan antibakteri dan antimikroba. Tak heran, teh hangat ditambah perasan lemon dan sesendok madu dipercaya efektif meredakan flu dan batuk, serta sakit tenggorokan. Pula pada anak-anak, konsumsi 10 gram madu sebelum tidur dapat mengurangi gejala batuk. Namun catatannya, madu tak boleh diberikan pada anak berusia di bawah 1 tahun karena mengandung spora botulinum.

6. Air putih

Saat flu berat, konsumsi banyak air putih ibarat hukum wajib bersamaan dengan konsumsi obat flu dan batuk. Pasalnya, penting untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi saat flu. Selain banyak minum air putih, kebutuhan air juga bisa dicukupi dengan konsumsi buah yang mengandung banyak air seperti semangka, jeruk, stroberi, atau air kelapa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.