Kenali Penyebab dan Cara Mudah Mengatasi Sakit Perut

wordpress
Jakarta – Sakit perut di pagi hari dapat mengganggu jadwal rutinitas, apalagi jika kita sedang terburu-buru untuk mengerjakan sesuatu. Ada yang menganggap bahwa teh jahe dan lemon tea dapat dijadikan obat sakit perut, padahal salah besar. Kandungan gula pada teh jahe dan asam pada lemon tea justru memperparah sakit perut. Menurut Dr Henry Herrera, MD, ahli gastroentorologi dari Texas, ada beberapa hal yang berhubungan dengan sakit perut, seperti:
  1. Perut kembung
  2. Sendawa yang berlebihan
  3. Mual
  4. Hilangnya selera makan
  5. Muntah-muntah
Dikutip dari WomansHealth, berikut beberapa tips yang dapat dilakukan untuk mengatasi sakit perut:

1. Beri waktu

Sakit perut dapat pergi dengan sendirinya jika kita sabar menunggu. Apalagi saat terkena diare, barangkali terjadi karena keracunan makanan tanpa kita sadari. Sembari menunggu, kita bisa berpikir makanan apa yang telah kita konsumsi agar lebih berhati-hati dalam mengonsumsi makanan.

2. Konsumsi yoghurt

Menstruasi atau sembelit dapat menjadi penyebab utama perut kembung. Untuk mengatasinya, hindari makanan yang mengandung garam serta kacang-kacangan, brokoli, dan kembang kol yang dapat memperparah perut kembung. Mulailah mengonsumsi yoghurt untuk mengatasi kembung dan membantu melancarkan pencernaan.

3. Minum susu

Sakit perut juga berkaitan dengan penyakit asam lambung yang dapat menyebabkan sesak nafas. Minum susu dapat menjadi solusi karena susu dapat menetralkan asam yang diproduksi oleh lambung.

4. Hindari makanan pedas

Makan makanan pedas sebelum tidur dapat menyebabkan asam lambung. Hal ini sering terjadi saat malam hari ketika sedang berbaring. Asam yang bergerak dari perut ke kerongkongan dan tenggorokan menyebabkan mulas, batuk, hingga sakit tenggorokan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.