13 Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan: Bikin Langsing dan Cerahkan Kulit

wordpress
Jakarta – Lidah buaya (Aloe vera) adalah tumbuhan dengan karakteristik memiliki daun tebal ‘berdaging’. Lidah buaya sudah sejak lama populer sebagai herba karena kandungan gel yang ada di dalam daunnya mengandung berbagai senyawa yang terbukti bermanfaat. Manfaat lidah buaya untuk kesehatan bermacam-macam, oleh karena itu tumbuhan ini banyak digunakan dalam berbagai produk perawatan diri. Lidah buaya digunakan mulai dari untuk merawat kulit, rambut, bahkan sampai membantu mengurangi berat badan. Berikut 15 manfaat lidah buaya untuk kesehatan, seperti dikutip dari berbagai sumber:

1. Rawat luka bakar

Salah satu manfaat lidah buaya yang populer adalah bagaimana gelnya bisa dipakai untuk merawat luka bakar. Penelitian yang dilaporkan dalam jurnal Pakistan Medical Association menemukan luka bakar tingkat dua bisa lebih cepat sembuh dengan lidah buaya bila dibandingkan dengan obat silver sulfadiazine (SSD). Lidah buaya juga bisa relatif lebih baik meredakan nyeri pada luka bakar. “Pasien luka bakar yang dioles gel Aloe vera menunjukkan kondisi lebih baik dibandingkan pasien yang dioles SSD berkaitan dengan epitelisasi luka, peredaan nyeri, dan cost-effectiveness,” tulis peneliti.

2. Jaga kesehatan rambut

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan rambut berasal dari kandungannya yang bisa mencegah kerontokan, ketombe, serta memperkuat akar rambut. Kamu bisa mencobanya sendiri dengan mengambil gel lidah buaya, lalu dipakai sebagai krim oles pada rambut.

3. Atasi jerawat

Jerawat bisa muncul di kulit karena masalah peradangan dan bakteri. Sementara itu, kandungan gel lidah buaya dikenal memiliki sifat antiradang dan antibakteri. Kamu bisa menggunakan lidah biaya sebagai masker untuk mengatasi masalah jerawat di wajah.

4. Cegah keriput

Keriput bisa muncul ketika kulit kehilangan elastisitasnya. Sebagian peneliti menyebut lidah buaya dapat membantu meringankan masalah tersebut karena kandungan kolagen yang ada pada gelnya dapat membantu melembabkan sekaligus mengembalikan elastisitas kulit.

5. Perhalus stretch mark

Stretch Mark adalah guratan atau garis-garis yang bisa muncul pada kulit. Hal ini biasanya disebabkan ketika kulit kehilangan elastisitasnya akibat sempat merenggang, contohnya pada kasus ibu hamil atau orang gemuk yang berat badannya turun drastis. Nah, lidah buaya bisa digunakan untuk merawat kulit yang memiliki stretch mark. Kandungan kolagennya diharap dapat membantu mengembalikan elastisitas, sehingga memperhalus stretch mark yang tampak.

6. Pelembab alami

Seperti yang sudah dijelaskan pada poin-poin sebelumnya, lidah buaya bisa dimanfaatkan sebagai pelembab alami untuk kulit. Kandungan lidah buaya yang kaya kolagen, antiradang, dan antibakteri dapat membantu menjaga kesehatan kulit agar tetap prima.

7. Cerahkan bibir

Manfaat lidah buaya juga bisa diterapkan untuk bibir. Melembabkan bibir dengan lidah buaya dapat membantu mempertahankan kecerahannnya, menghindari masalah bibir kering dan pecah-pecah.

8. Langsingkan badan

Lidah buaya bisa dikonsumsi untuk membantu program diet. Beberapa studi menyebut kandungan lidah buaya dapat membantu tingkatkan metabolisme tubuh, sehingga kalori yang dibakar bisa jadi lebih banyak. Dalam tes pada hewan yang dipublikasi dalam jurnal Traditional and Complementary Medicine, lidah buaya dapat memengaruhi metabolisme sehingga mencegah lemak dan gula di dalam tubuh terakumulasi pada lemak perut.

9. Kendalikan gula darah

Mengonsumsi 300-500 miligram suplemen lidah buaya dua kali sehari terbukti dapat mengurangi kadar gula darah secara signifikan. Hal ini sudah diuji pada 72 orang dengan pradiabetes, seperti yang dilaporkan dalam jurnal Diabetes & Metabolic Disorder 2015. Menfaat penurunan gula darah ini juga bisa membantu dalam program diet karena dapat mencegah rasa lapar dan nafsu makan tidak terkendali.

10. Kurangi konstipasi

Getah yang ada pada daun lidah buaya diketahui mengandung senyawa aloin atau barbaloin yang bisa berfungsi sebagai laksatif. Hanya saja hati-hati bila ingin memanfaatkan lidah buaya untuk hal ini karena ada potensi efek samping akibat dosis yang tidak sesuai.

11. Atasi plak

Gel lidah buaya bisa digunakan untuk mengurangi pembentukan plak di gigi ketika digunakan sebagai obat kumur. Ini karena kandungannya yang bersifat antibakteri bisa membunuh Streptococcus di mulut.

12. Tingkatkan kekebalan tubuh

Lidah buaya mengandung antioksidan, kalsium, natrium, magnesium, glukosa, folat, vitamin A, B, C, dan E. Penyerapan nutrisi-nutrisi tersebut secara umum dapat bantu menjaga kekebalan tubuh. Kamu dapat mengonsumsi lidah buaya dengan membuatnya menjadi jus.

13. Redakan sariawan

Manfaat lidah buaya untuk kesehatan lainnya adalah bisa membantu redakan sariawan. Studi pada 180 orang yang dipublikasi di jurnal Alternative and Complementary Medicine 2012 menemukan gel lidah buaya bisa mengurangi besar sariawan dalam waktu kurang dari tujuh hari. Studi lainnya juga menyebut rasa nyeri yang muncul karena sariawan bisa berkurang dengan lidah buaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.