7 Cara Mengobati Sariawan ala Rumahan

wordpress
Jakarta – Sariawan adalah infeksi jamur pada mulut. Hal itu terjadi ketika ada penumpukan jamur Candida albicans di selaput mulut. Sariawan dapat terjadi pada orang dewasa atau anak-anak. Penyakit ini bisa sangat mengganggu ketika sedang makan, minum, dan bahkan saat berbicara. Jika Anda menderita sariawan, Anda memerlukan obat antijamur untuk membersihkan jamur. Namun, Anda mungkin dapat mengobatinya dengan pengobatan rumahan.
Pengobatan rumahan berikut, digunakan sebagai tambahan untuk obat antijamur, dapat membantu meredakan gejala infeksi.

Berikut cara mengobati sariawan ala rumahan dilansir healthline:

1. Air Garam

Garam memiliki khasiat antiseptik, pembersih, dan menenangkan. Karena itu, air garam dapat dijadikan obat sariawan. Membilas mulut dengan air garam dapat mengobati sariawan seperti di lidah dan pinggir bibir. Cara mengobati Sariawan: Larutkan 1/2 sendok teh garam dalam 1 cangkir air hangat. Kumur larutan ke seluruh mulut Anda. Lalu keluarkan larutan garam.

2. Soda Kue

Membilas mulut dengan soda kue (natrium bikarbonat) dapat membantu mengobati sariawan. Cara mengobati sariawan: Larutkan 1/2 sendok teh soda kue dalam 1 cangkir air hangat. Kumur-kumur ke seluruh mulut Anda dan buang larutannya.

3. Yoghurt

Yoghurt probiotik mengandung kultur bakteri hidup “baik” yang dapat membantu mengobati sariawan. Karena lembut, yoghurt juga merupakan makanan yang enak untuk dimakan jika Anda mengalami kesulitan menelan karena luka di mulut dan tenggorokan. Cara mengobati sariawan: Makan yogurt beberapa kali sehari saat gejala pertama sariawan mulut. Pilih yoghurt tanpa pemanis karena jamur candida tumbuh subur karena gula. Bisa juga dengan mengolesi yoghurt tanpa gula untuk mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih. Jika Anda tidak menyukai yoghurt, Anda bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan mengonsumsi suplemen probiotik setiap hari.

4. Madu

Cara mengobati sariawan berikutnya yakni dengan madu. Obat alami ini mengandung antibakteri dan cocok digunakan jika anak mengalami sariawan. Oleskan pada bagian mulut pada anak yang mengalami sariawan. Oleskan saat anak akan tidur.

5. Jus Lemon

Jus lemon dianggap memiliki kemampuan antiseptik dan antijamur yang membantu melawan jamur penyebab sariawan. Cara mengobati sariawan:
Tambahkan jus 1/2 lemon ke 1 cangkir air hangat atau dingin. Minum ramuan tersebut, atau gunakan sebagai obat kumur. Beberapa orang mengoleskan jus lemon langsung ke tempat yang mengalami sariawan. Namun perlu hati-hati, karena keasaman lemon dapat menyebabkan rasa terbakar dan iritasi.

6. Cuka sari apel

Orang yang menggunakan gigi palsu memiliki risiko lebih tinggi terkena sariawan. Gigi palsu yang tidak pas atau yang tidak dibersihkan dengan baik memberikan lingkungan yang ideal bagi jamur Candida untuk berkembang. Ini dapat menyebabkan kondisi yang mirip dengan sariawan yang disebut denture stomatitis. Menurut studi in vitro 2015, cuka sari apel memiliki sifat antijamur melawan Candida dan mungkin merupakan pilihan pengobatan alternatif yang baik untuk penderita stomatitis gigi palsu. Cara Mengobati Sariawan: Tambahkan 1 sendok teh cuka sari apel mentah tanpa filter ke dalam 1 cangkir air. Kumur-kumur ke seluruh mulut Anda setidaknya selama 15 detik. Keluarkan larutannya. Namun larutan tersebut dapat menyebabkan adanya sensasi di mulut Anda.

7. Minyak Cengkeh

Minyak cengkeh telah digunakan sebagai obat tradisional untuk masalah mulut selama berabad-abad. Cara mengobati sariawan: Ambil minyak cengkeh. Anda juga bisa membuat obat kumur cengkeh dengan menyeduh 1 sendok teh cengkeh utuh ke dalam 1 cangkir air mendidih selama minimal 5 menit. Saring dan kumur serta buang larutannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.