6 Obat Alami Kolesterol, Mudah Didapat tapi Mujarab Turunkan Kolesterol Jahat

wordpress
Jakarta – Tinggi kolesterol bukan urusan sepele. Pasalnya jika didiamkan, kondisi ini bisa merembet ke penyakit berat seperti tekanan darah tinggi, stroke, jantung koroner, dan diabetes. Tapi tenang, hal tersebut bisa dicegah dengan obat kolesterol alami. Tak perlu repot, obat-obat alami ini bisa didapat di dapur dan dipercaya aman dikonsumsi setiap hari. Bahkan, beberapanya bisa diolah menjadi hidangan lezat. Apa saja obat kolesterol alami tersebut?

1. Teh hijau

Selain nikmat dikonsumsi sore hari, secangkir teh hijau rupanya bisa membantu menurunkan kolesterol. Dikutip dari Medical News Today, studi pada 2015 membuktikan bahwa teh hijau mengandung katekin dan senyawa antioksidan yang dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol.

2. Susu kedelai

Susu kedelai mengandung lemak jenuh jauh lebih rendah dibanding produk susu sapi. Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) merekomendasikan konsumsi 25 gram (g) protein kedelai per hari untuk menurunkan kolesterol untuk mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Bawang putih

Di samping sensasi wangi yang khas, bawang putih rupanya bisa membantu menurunkan kadar kolesterol. Bawang putih mengandung konsentrasi tinggi allicin, senyawa yang mengandung belerang yang dikenal dapat mengurangi kolesterol secara signifikan. Dikutip dari Times of India, bawang putih bisa dikonsumsi dengan cara dikunyah saat pagi hari dan sebelum tidur secara teratur. Dipercaya, bawang putih mentah bekerja lebih baik daripada yang dimasak.

4. Cokelat hitam

Cokelat hitam dipercaya mengandung antioksidan flavanol yang dapat meningkatkan kadar kolesterol. Menurut studi pada 2015, mengonsumsi minuman 450 mg yang mengandung flavanol kakao dua kali sehari selama 1 bulan menurunkan kadar kolesterol jahat dan menaikkan kolesterol baik. Namun catatan penting, cokelat olahan kerap mengandung lemak jenuh yang tinggi. Maka itu, penting untuk selektif soal produk cokelat. Untuk menurunkan kolesterol jahat, pilihlah cokelat murni.

5. Jus tomat

Tomat kaya akan senyawa likopen yang dapat meningkatkan kadar lipid dan mengurangi kolesterol jahat. Penelitian menunjukan, tomat yang diolah menjadi jus mengandung likopen lebih tinggi. Menurut studi tahun 2015, 25 wanita berusia 20-30 tahun yang rutin meminum 280 ml jus tomat setiap hari selama 2 bulan mengalami penurunan kadar kolesterol.

6. Oats

Bukan lagi rahasia, oats punya sederet kebaikan bagi tubuh. Oat mengandung beta-glukan, yang membuat zat seperti gel di usus dan berinteraksi dengan garam empedu, mengurangi penyerapan kolesterol. Namun sebuah studi pada 2018 menemukan, minuman oat seperti susu oat lebih efektif menurunkan kolesterol daripada produk oats semi-padat atau padat.

7. Bye-bye rokok

Obat kolesterol alami apa pun wajib dibarengi ‘bye-bye’ pada rokok untuk menyembuhkan kolesterol tinggi. Merokok terbukti meningkatkan risiko penyakit jantung, salah satunya dengan mengganggu kemampuan tubuh menangani kadar kolesterol. Kandungan tembakau dipercaya merusak sel kekebalan sehingga tidak dapat mengembalikan kolesterol dari dinding pembuluh darah ke darah untuk diangkut ke hati. Disfungsional ini dapat meningkatkan risiko penyumbatan arteri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.