Sederet Obat Alergi Alami dari Kandungan Buah dan Sayuran

wordpress
Jakarta – Ada begitu banyak manfaat dari buah dan sayuran, salah satunya sebagai obat alergi. Hal ini karena beberapa macam buah dan sayuran diyakini dapat menjadi antihistamin alami. Antihistamin merupakan obat-obatan yang sering digunakan untuk mengobati alergi, seperti gatal, bersin, dan mata berair. Namun, mengonsumsi antihistamin dapat menyebabkan berbagai efek samping, seperti mengantuk dan mual. Oleh karenanya, tak sedikit orang yang mencari alternatif lain dari bahan-bahan alami untuk mengatasi alergi.
Berikut sederet obat alergi yang bisa didapat dari kandungan buah dan sayuran, yang bisa kamu coba, seperti dikutip dari Healthline dan Medical News Today.

1. Vitamin C

Selain bermanfaat dalam meningkatkan daya tahan tubuh, vitamin C juga bertindak sebagai antihistamin alami. Menurut sebuah studi di tahun 2018, vitamin C memiliki peran sebagai antioksidan dan anti-inflamasi yang baik untuk pengobatan alergi. Para peneliti juga menemukan bahwa orang yang kekurangan vitamin C cenderung lebih rentan terkena penyakit yang berhubungan dengan alergi. Vitamin C dapat mudah ditemukan di berbagai macam buah dan sayuran, di antaranya sebagai berikut. – Paprika – Brokoli – Melon – Kembang kol – Kiwi – Stroberi – Tomat

2. Bromelin

Bromelin merupakan enzim yang dimiliki oleh buah nanas. Enzim ini diyakini bisa menjadi obat alergi alami. Sejumlah studi menunjukkan bromelin dapat mengobati pembengkakkan dan gangguan pernapasan sebagai reaksi alergi. Namun, dalam beberapa kasus, mengonsumsi suplemen bromelin berlebihan bisa menyebabkan reaksi yang merugikan, seperti berikut. – Perubahan menstruasi – Gangguan pencernaan – Denyut jantung meningkat

3. Quercetin

Quercetin adalah pigmen tanaman yang mengandung senyawa antioksidan, yang memiliki manfaat sebagai obat alergi. Quercetin dapat ditemukan di berbagai buah dan sayuran. Menurut sebuah studi di tahun 2007, quercetin dapat mengurangi efek alergi pada saluran pernapasan. Beberapa buah dan sayuran yang mengandung senyawa ini, di antaranya sebagai berikut. – Tomat – Apel – Brokoli – Bawang merah dan putih – Ceri – Beri – Kubis Kamu bisa membeli quercetin dalam bentuk suplemen atau mengonsumsi makanan yang kaya akan senyawa ini ke dalam menu dietmu. Meski demikian, ingin jangan sampai mengonsumsi berbagai suplemen yang dipercaya sebagai obat alergi secara sembarangan. Apabila kamu mengalami suatu reaksi alergi, disarankan untuk segera periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.