Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan, Bisa Gantiin Kerokan Lho!

wordpress
Jakarta – Aroma dan sensasi strong membuat bawang merah menjadi salah satu rempah andalan dalam masakan. Namun rupanya di samping manfaat bawang merah sebagai penyedap rasa, bawang ini mempunyai sederet faedah untuk kesehatan. Dikutip dari Healthline, bawang merah memiliki kandungan zat baik paling tinggi. Seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, tembaga, folat, vitamin B, serta vitamin A dan C. Uniknya, bawang merah memiliki manfaat lain yang baru ‘berasa’ ketika sudah dicincang. Salah satu senyawa kuat bawang merah adalah allicin. Senyawa ini terbentuk ketika bawang merah dihancurkan atau dipotong, yang melepaskan antioksidan.
Antioksidan berfungsi melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan oleh radikal bebas. Mengingat, tingginya radikal bebas bisa memicu stres oksidatif yang menyebabkan peradangan, serta kondisi kronis seperti kanker, penyakit jantung, dan diabetes. Lalu, apa lagi manfaat bawang merah?

1. Meningkatkan imun

Di tengah pandemi COVID-19, imunitas tentu menjadi bekal penting. Rupanya selain bikin hidangan makin sedap, mengonsumsi bawang merah bisa meningkatkan imunitas dan mencegah tubuh dari penyakit seperti flu, demam, hingga bronkitis.

2. Melancarkan pernapasan

Saat flu berat, lendir di tenggorokan bisa menghambat jalur pernapasan. Dengan memakan bawang merah mentah atau diolah menjadi acar, tubuh bisa menjadi lebih hangat, pernapasan pun lebih lancar.

3. Menyembuhkan masuk angin

Yap! Sensasi mirip ‘kerokan’ ala bawang merah sudah lama lho diandalkan masyarakat Indonesia untuk menyembuhkan masuk angin. Caranya, potong umbi bawang merah dan campurkan dengan minyak kelapa. Kemudian, gosokan campuran tersebut ke area punggung sampai kulit berwarna kemerahan.

4. Meningkatkan stamina pria

Pada pria, konsumsi bawang merah rupanya bisa mendongkrak stamina. Sebab, bawang merah mengandung fitokemikal yang bisa mendorong vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

5. Menurunkan tekanan darah

Bawang merah mengandung zat quercetin yang dipercaya bisa menurunkan tekanan darah. Mengingat, tekanan darah tinggi hipertensi tak jarang menjadi awal sederet penyakit berat seperti stroke, gangguan jantung, dan ginjal.

6. Menyuburkan rambut

Bagi sebagian orang, menumbuhkan rambut bukan perkara gampang. Coba produk ini-itu tak selalu manjur bikin rambut lebat, apalagi pada jenis rambut rontok. Rupanya, bawang merah bisa lho dicoba untuk menumbuhkan rambut. Caranya, campurkan 50 gram bawang merah halus dengan 50 cc minyak urang-aring, 100 cc minyak kemiri, dan 5 cc minyak melati. Panaskan campuran tersebut, kemudian oleskan di kulit kepala dan rambut sebelum tidur untuk mendapatkan manfaat bawang merah sebagai penyubur rambut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.