7 Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

wordpress
Jakarta – Kayu manis adalah rempah-rempah yang dihaslkan dari batang pohon dengan nama ilmiah Cinnamomum. Kayu manis sudah banyak dikenal sebagai herba dengan aromanya yang khas dan rasa manis campur sedikit pedas. Manfaat kayu manis untuk kesehatan ada berbagai macam. Mulai dari khasiatnya membantu mengendalikan gula darah, meredakan nyeri, hingga menghangatkan tubuh. Ini bisa terjadi karena kandungan kayu manis yang bersifat antioksidan, antiperadangan, dan antimikroba.
Cara mengonsumsi kayu manis cukup sederhana, bisa dengan meminum air rebusannya. Hanya saja disarankan jangan berlebihan karena bisa ada efek samping kayu manis. Berikut penjelasan manfaat kayu manis untuk kesehatan seperti dirangkum detikHealth dari berbagai sumber.

1. Tinggi antioksidan

Antioksidan merupakan sebutan bagi senyawa yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Dalam hal ini, kayu manis disebut dalam berbagai studi memiliki senyawa antioksidan bernama polifenol. Laporan penelitian yang dipublikasi di Journal of Agricultural and Food Chemistry 2005 menyebut aktivitas kandungan antioksidan di dalam kayu manis bisa mengalahkan kandungan dari 26 jenis rempah-rempah lain. Antioksidan kayu manis bahkan disebut lebih tinggi dari bawang putih.

2. Bantu redakan nyeri

Kayu manis dapat dikonsumsi untuk membantu meredakan nyeri. Ini karena kandungan kayu manis mengandung sifat antiinflamasi atau antiradang. Peradangan biasanya muncul ketika tubuh sedang melawan infeksi atau memperbaiki jaringan yang rusak. Hanya saja peradangan kadang bisa menjadi masalah karena menimbulkan nyeri.

3. Jaga kesehatan jantung

Manfaat kayu manis untuk kesehatan salah satunya menjaga kesehatan jantung. Studi melihat konsumsi kayu manis dapat membantu menurunkan kolesterol jahat, tekanan darah, serta meningkatkan kolesterol baik. Faktor-faktor tersebut merupakan risiko untuk timbulnya penyakit jantung.

4. Kendalikan gula darah

Kayu manis bisa membantu menurunkan kadar gula darah. Ini karena studi menunjukkan kayu manis dapat mencegah tubuh menyerap gula darah atau glukosa dengan mengganggu kerja enzim yang mengolah karbohidrat di saluran pencernaan. Kayu manis juga mengandung senyawa mirip insulin. Dampaknya tubuh jadi mengolah glukosa dalam tingkat yang lebih lambat daripada insulin yang asli.

5. Cegah diabetes

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya, dengan kayu manis mengendalikan gula darah maka risiko munculnya kondisi diabetes juga bisa dicegah.

6. Cegah penyakit degeneratif

Kayu manis yang kaya antioksidan dapat membantu mencegah penyakit degenaratif. Beberapa studi sebagai contoh melihat bagaimana kayu manis tampakyna dapat mencegah timbulnya penyakit saraf degeneratif, seperti Alzheimer dan Parkinson. Tes pada tikus memperlihatkan bagaimana kayu manis bisa mencegah terjadi kerusakan pada sel-sel saraf.

7. Lawan infeksi

Manfaat kayu manis untuk kesehatan berikutnya adalah mencegah infeksi. Cinnamaldehyde, salah satu komponen aktif utama kayu manis, disebut dapat membantu melawan berbagai jenis infeksi yang disebabkan oleh bakteri atau jamur. Efek antimikroba kayu manis juga dapat membantu mencegah kerusakan gigi dan mengurangi bau mulut akibat bakteri.

Efek samping kayu manis

Meski ada berbagai manfaat kayu manis untuk kesehatan, hati-hati dalam mengonsumsinya karena bisa ada juga efek samping. Seperti antara lain dapat menyebabkan kerusakan hati, memicu gula darah rendah, dan pada beberapa kasus menimbulkan reaksi alergi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.