Varian Ganas Corona Masuk RI, Seberapa Efektif Sih Nge-Dobel Masker?

wordpress
Jakarta – Menanggapi temuan 54 kasus COVID-19 di RI yang disebabkan dari ‘Variant of Concern’ (VoC) atau varian yang diwaspadai dunia, dokter paru membenarkan penggunaan masker dobel untuk melindungi diri. Ketua Pokja Infeksi Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Paru Indonesia dan dokter spesialis paru, dr Erlina Burhan, SpP(K) menjelaskan, sebelum ada temuan varian ganas pun, penggunaan masker dobel sebenarnya sudah direkomendasikan. “Double masker (medis plus kain) memang memberikan perlindungan yang lebih tinggi dibandingkan single masker. Perlindungan terhadap virus tanpa melihat variannya,” ujarya pada detikcom, Rabu (26/5/2021).
Mengingat, varian baru ini dikhawatirkan oleh dunia lebih ganas dibanding varian pada kasus COVID-19 lainnya. Pasalnya, varian ini diketahui memiliki mutasi yang bisa memengaruhi kemampuan penularan, kepekaan alat tes, tingkat keparahan gejala, dan kemampuan virus menghindar dari sistem kekebalan tubuh. Varian tersebut tak lain B117 dari Inggris, B1351 dari Afrika Selatan, dan B1617 dari India. Sebelumnya, juru bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menegaskan bahwa mendobel masker tak boleh dilakukan sembarangan karena justru bisa mengganggu kemampuan filtrasi masker. Ditegaskan, masker medis tidak boleh didobel dengan masker medis lainnya. Demi keamanan, masker medis hanya boleh dilapis dengan masker kain. Begitu pula masker KN95, tak boleh digunakan berlapis dengan jenis masker lainnya. Sejalan dengan paparan Prof Wiku, dr Erlina menyebut bahwa yang direkomendasikan digunakan dobel adalah masker medis dengan masker kain. Ia membenarkan, penggunaan masker medis secara berlapis justru bisa mengganggu efektivitas masker dalam menyaring virus.  

2 thoughts on “Varian Ganas Corona Masuk RI, Seberapa Efektif Sih Nge-Dobel Masker?

  1. Hello there! Do you know if they make any plugins to help with Search Engine Optimization? I’m trying to get my website to rank
    for some targeted keywords but I’m not seeing very good results.
    If you know of any please share. Many thanks!
    I saw similar article here: Backlink Portfolio

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *