5 Tips Diet Sehat di Akhir Ramadhan, Agar saat Lebaran Tampak Bugar-Berstamina

wordpress
Jakarta – Sering merasa mengantuk, lesu, dan lapar selama berpuasa di bulan Ramadhan? Hal tersebut bisa saja menandakan kamu melakukan kesalahan selama berpuasa, lho. Meski Ramadhan akan segera berakhir, bukan berarti kamu tidak bisa melakukan perubahan. Melakukan perubahan di detik-detik terakhir bulan Ramadhan justru akan membuat kamu menjadi segar dan bugar saat merayakan hari Lebaran nanti. Dikutip dari laman ABC Net, berikut 5 tips sehat agar tubuh tidak lesu saat Lebaran nanti.

1. Hindari sejumlah kesalahan umum

Selama bulan Ramadhan, masalah yang kerap kali dihadapi oleh umat Muslim adalah masalah pencernaan. Makan dan minum dalam waktu bersamaan, mengonsumsi makanan pedas, dan mengonsumsi makanan tinggi lemak juga merupakan kesalahan yang masih dilakukan hingga akhir bulan Ramadhan.
Pasalnya, selama bulan Ramadhan, sistem pencernaan dalam tubuh bekerja lebih lambat dari biasanya. Jika saat berbuka mengonsumsi sejumlah makanan tadi, maka pencernaan akan bekerja lebih lambat lagi.

2. Berbuka puasa dengan yang manis

Berbuka dengan kurma memang dianjurkan. Sebab, kurma merupakan buah terbaik untuk mengembalikan energi usai seharian berpuasa. Apabila tidak ada kurma, buah kering, jus buah, dan madu juga bisa dijadikan sebagai alternatif lainnya.

3. Sahur dengan makanan tinggi protein dan karbohidrat kompleks’

Saat makan sahur, sebaiknya pilih lah makanan yang tinggi karbohidrat kompleks dan protein agar perut tidak mudah lapar ketika beraktivitas sambil berpuasa di siang hari. Selain bisa membuat kenyang, karbohidrat kompleks juga bisa sehat untuk sistem pencernaan, lho. Sementara itu, protein baik untuk massa otot dan metabolisme tubuh.

4. Minum cukup air putih

Pernah merasa pusing setelah seharian berpuasa? Bisa jadi itu tanda kamu mengalami tekanan darah rendah. Oleh sebab itu, penting untuk cukup meminum air putih untuk mencegah turunnya tekanan darah sekaligus dehidrasi. Kamu juga bisa mengonsumsi jenis minuman lain atau makanan dengan kandungan air untuk memenuhi kebutuhan cairan saat berpuasa.

5. Tidur cukup dan olahraga teratur

Di detik-detik terakhir bulan Ramadhan, tak ada salahnya jika kamu baru merasa ingin memulai olahraga dan memperbaiki pola tidur agar tubuh menjadi bugar saat lebaran. Saat berpuasa, sebaiknya lakukan olahraga ringan, seperti berjalan kaki, agar tubuh tetap aktif. Tidur cukup selama 7-9 jam setiap harinya juga bisa membantu agar kamu tidak mudah lesu saat merayakan hari Lebaran nanti.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.