5 Makanan Kaya Air, Bantu Penuhi Kebutuhan Cairan Usai Berpuasa

wordpress

Jakarta – 

Selama Ramadhan, waktu berbuka puasa menjadi waktu yang esensial untuk mengembalikan cairan tubuh yang hilang. Oleh sebab itu, memilih jenis makanan yang dikonsumsi saat berbuka puasa sangat penting agar tubuh dapat kembali terhidrasi.

Hanya saja, kebanyakan orang kurang memperhatikan menu yang disajikan untuk berbuka. Padahal, kekurangan cairan dalam tubuh bisa menyebabkan dehidrasi. Akibatnya, alih-alih merasa kembali berenergi usai berbuka, tubuh justru malah menjadi lemas, sakit kepala, dan tekanan darah menurun.

Meski cairan pengganti bisa didapat dari minum air putih saat berbuka puasa, tak ada salahnya untuk memilih jenis makanan yang juga mengandung tinggi air. Dikutip dari Healthline, berikut 5 makanan kaya kandungan air yang cocok untuk berbuka puasa.


1. Semangka

Semangka merupakan buah sehat yang memiliki kandungan air hingga 92 persen. Semangka seberat 154 gram mengandung sebanyak 118 mililiter air. Selain itu, semangka juga mengandung serat dan sejumlah nutrisi penting, seperti vitamin C, vitamin A, dan magnesium.

Karena kaya akan kandungan airnya, semangka rendah kalori. Makanan berkalori rendah telah terbukti bisa membantu menurunkan berat badan lantaran setelah mengonsumsinya perut akan terasa kenyang dan nafsu makan menurun.


2. Stroberi

Buah yang menjadi favorit banyak orang ini mengandung sebanyak 91 persen air, lho. Jadi, dengan mengonsumsi stroberi bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan harian. Stroberi juga kaya akan serat, antioksidan, vitamin, dan mineral, termasuk vitamin C, folat, dan mangan.

Rutin mengonsumsi stroberi juga diketahui bisa mengurangi inflamasi, sehingga tubuh terlindungi dari penyakit jantung, diabetes, dan berbagai jenis kanker. Saat berbuka, kamu bisa mengombinasikan stroberi dengan salad atau dijadikan smoothies.


3. Blewah

Buah khas bulan Ramadhan yang satu ini ternyata tak hanya menyegarkan, tetapi juga kaya akan kandungan air, yakni sebanyak 90 persen. Satu cangkir blewah juga mengandung 2 gram serat yang bisa membuat kamu mudah kenyang. Buah ini juga mengandung tinggi vitamin A yang bisa meningkatkan imunitas tubuh.


4. Yogurt

Menu buka puasa sehat yang bisa sekaligus memenuhi kebutuhan cairan harian adalah yogurt. Yogurt mengandung hingga 88 persen air serta nutrisi yang bisa menjaga kesehatan tubuh. Yogurt juga mengandung vitamin dan mineral, seperti kalsium, fosfor, dan potasium yang baik untuk kesehatan tulang.

Mengonsumsi yogurt saat berbuka juga bisa dijadikan pertimbangan bagi orang-orang yang sedang memanfaatkan momen Ramadhan untuk menurunkan berat badan. Sebab, yogurt bisa mengurangi nafsu makan. Namun, perlu diingat untuk memilih yogurt yang tawar yang tidak ada rasanya.


5. Tomat

Tomat mengandung sebanyak 94 persen air serta vitamin dan mineral yang baik untuk imunitas tubuh, seperti vitamin A dan C. Satu porsi tomat atau 149 gram tomat hanya mengandung 32 kalori. Selain itu, buah yang satu ini kaya akan serat. Untuk berbuka puasa, kamu bisa mengombinasikan tomat ke dalam sup, salad, atau makanan lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.