Kebanyakan Ngopi saat Sahur Berbahaya bagi Tubuh, Ini Batasannya

wordpress

Jakarta – Kopi menjadi salah satu minuman yang paling digemari. Banyak orang memulai pagi mereka dengan meminum segelas kopi sebelum beraktivitas sepanjang hari.

Namun, banyak juga yang kesulitan untuk lepas dari minum kopi untuk memulai aktivitas bahkan disaat bulan Ramadhan. Tapi, apakah minum kopi sebelum sahur memberikan dampak yang baik bagi tubuh?

Saat berpuasa tubuh mendapatkan asupan cairan, meski begitu cadangan cairan dari tubuh tetap keluar dari urin maupun keringat. Sehingga saat puasa, seseorang dapat mengalami dehidrasi ringan, dikutip dari British Nutrition Foundation.

 

Hal itu membuat, sahur menjadi waktu yang penting untuk tubuh mendapatkan cairan yang cukup agar seseorang dapat bertahan menjalankan puasa sepanjang hari.

Tetapi, saat seseorang memilih untuk minum kopi saat sahur, seseorang akan mudah mengalami dehidrasi hal itu dikarenakan efek diuretik dari mengonsumsi kopi.

“Hati-hati, minum kopi saat sahur dapat berpotensi memberi efek diuresis dan menyebabkan dehidrasi. Jika tidak perlu benar-benar minum kopi, maka tidak perlu minum kopi saat sahur,” kata dokter spesialis gizi klinik dr Tirta Prawita Sari, MSc, SpGK dari RS Pondok Indah.

Dikutip dari laman Healthline, sering buang air kecil adalah efek samping umum dari asupan kafein yang tinggi atau disebut efek diuretik. Hal itu disebabkan oleh efek stimulasi senyawa tersebut pada kandung kemih.

Efek diuretik menyebabkan peningkatan produksi urin, itulah yang menyebabkan tubuh dapat mengalami dehidrasi karena cadangan cairan banyak yang terbuang lewat urin.

Namun, pada beberapa orang yang tubuhnya terbiasa mengonsumsi kopi di pagi hari dan siang hari, saat berpuasa dan tidak adanya asupan kafein akan menyebabkan tubuh mengalami sakit kepala dan rasa lelah, dikutip dari British Nutrition Foundation.

Meski begitu, kondisi tersebut akan mereda seiring dengan tubuh menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan kondisi tubuh. Namun, jika hendak meminum kopi, hindari untuk meminum kopi dengan kandungan gula yang tinggi, Anda bisa memilih kopi hitam saat puasa.

“Kopi hitam dapat dinikmati saat berpuasa, cukup tetap dalam jumlah yang sederhana,” kata Leigh Merotto, RD, ahli diet di Toronto. Dikutip dari The Healthy, batasan porsi yang dapat diminum saat berpuasa sebanyak tiga cangkir sehari.

Batasan porsi tiga gelas tersebut sesuai dengan yang tertera pada Mayo Clinic yakni sebanyak 400 miligram (mg) kafein sehari yang dapat dikonsumsi orang dewasa yang sehat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.